Format Kisi-Kisi Soal Tematik K13 SD Semester 2 Tahun 2018

Pada postingan kali ini kami berbagi informasi yang berhubungan dengan pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) genap yakni tulisan yang berjudul Format Kisi-Kisi Soal Tematik K13 SD Semester 2 Tahun 2018 lengkap untuk kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan kelas 6. Menjelang pertangahan semester genap tahun pelajaran 2018/2019 tentu Bapak Ibu Guru akan membutuhkan file ini untuk dijadikan sebagai acuan atau rujukan dalam penyusunan naskah soal tematik kurikulum 2013 yang sesuai dengan revisi terbaru tahun 2017. Untuk itu kami terinspirasi untuk membagikannya kali ini.

Format Kisi-Kisi Soal Tematik K13 SD Semester 2 Tahun 2018

Penyusunan Kisi-Kisi Soal PTS/UTS/MID Semester 2 K13 Tahun 2018/2019

Seperti kita ketahui kisi-kisi sendiri merupakan suatu format (berupa matriks) yang didalamnya berisi pedoman untuk membuat soal atau menyusun soal menjadi sebuah tes. Fungsi dari kisi-kisi ini yakni sebagai pedoman dalam penyusunan naskah soal serta sebagai pedoman didalam perakitan tes. Kisi-kisi soal yang akan dibuat haruslah dilakukan dengan baik dan benar sehingga akan menghasilkan soal yang berkualitas.

Lalu bagaimana cara membuat kisi-kisi yang baik dan benar? Untuk membuat kisi-kisi terdapat syarat-syarat dimana kisi-kisi harus mewakili isi kurikulum yang akan diujikan. Kemudian komponen pada kisi-kisi harus jelas serta mudah dipahami dan soal-soalya bisa dibuat sesuai dengan indikator dan bentuk soal yang ditentukan. Adapun Komponen kisi-kisi tediri dari :
  • Jenis Institusi
  • Program Jurusan
  • Bidang Studi
  • Tahun Pelajaran
  • Kurikulum yang digunakan
  • Jumlah Soal
  • Bentuk Soal
Baca Juga : Kumpulan Contoh Soal Tematik K13 SD Kelas 2 Semester Genap
Adapun prinsip-prinsip didalam pembuatan kisi-kisi antara lain adalah Urgen (bagian penting pembelajaran yang harus dikuasai siswa), Kontinuitas (berkelanjutan dari pelajaran sebelumnya), Reliabel (Keandalan soal; bisa membedakan kemampuan peserta didik, tidak terlalu mudah serta tidak juga terlalu sukar) dan Keterpakaian (Berhubungan dengan dunia nyata peserta didik) yang kemudian disingkat menjadi (UKRK).

Itulah sekilas tentang cara pembuatan kisi-kisi soal yang baik dan benar (Selengkapnya baca disini). Selanjutnya kembali ke topik utama dibawah ini kami sudah sediakan contoh Kisi-Kisi Penilaian Tengah Semester Genap khusus untuk tingkat SD/MI K13 kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan kelas 6 edisi revisi terbaru. Silahkan miliki secara gratis dalam bentuk format word dan excel  untuk dijadikan sebagai bahan perbandingan ataupun referensi dalam membuat naskah soal Penilaian Tengah Semester genap tahun pelajaran 2018/2019 :

Download Contoh Kisi-Kisi Soal  SD Kurikulum 2013

Kisi-Kisi Soal PTS SD Kelas 1 K13.rar
Kisi-Kisi Soal PTS SD Kelas 2 K13.rar
Kisi-Kisi Soal PTS SD Kelas 3 K13.rar
Kisi-Kisi Soal PTS SD Kelas 4 K13.rar
Kisi-Kisi Soal PTS SD Kelas 5 K13.rar
Kisi-Kisi Soal PTS SD Kelas 6 K13.rar

Demikian itulah sebaran informasi dari kami kali ini untuk sahabat administrasik13 dimanapun anda berada. Mudah-mudahan dengan adanya Format Kisi-Kisi Soal Tematik K13 SD Semester 2 Tahun 2018 ini bisa membantu memudahkan pekerjaan Bapak Ibu Guru menjelang kegiatan evaluasi Penilaian Tengah Semester 2 tahun ajaran baru 2018/2019. Jika berkenan silahkan sebarluaskan informasi ini kepada rekan-rekan lainnya diluar sana dengan cara klik tombol share dibawah ini. Sekian dan terimakasih.

Rekomendasi Terkait :

0 Response to "Format Kisi-Kisi Soal Tematik K13 SD Semester 2 Tahun 2018"

Posting Komentar