Perangkat Pembelajaran Kelas 9 Bahasa Indonesia K13 Tahun 2018

Kali ini tiba kesempatan kami untuk membagikan Perangkat Pembelajaran Kelas 9 Bahasa Indonesia K13 Tahun 2018 setelah pada tulisan sebelumnya kami juga sempat membagikan informasi serupa yakni tentang perangkat pembelajaran untuk kelas 7 dan kelas 8 yang cukup lengkap. Maka sebagai pelengkapnya kali ini giliran Guru kelas IX yang perlu melengkapi administrasinya agar dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas dengan lancar pada tahun pelajaran 2018/2019 saat ini.

Perangkat Pembelajaran Kelas 9 Bahasa Indonesia K13 Tahun 2018


File-file perangkat pembelajaran kurikulum 2013 edisi revisi yang coba kami share disini cukup lengkap, terdiri dari Rencaana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus, Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), serta Prota dan Promes dalam format .doc atau microsoft word. Dengan format tersebut Bapak dan Ibu Guru dapat dengan mudah untuk langsung mengeditnya dalam perangkat ini untuk dikembangkan sesuai dengan kondisi dan tentunya dengan kebutuhan di sekolah anda masing-masing.

Perangkat pembelajaran kurikulum 2013 khususnya untuk bidang studi Bahasa Indonesia untuk kelas 9 saat ini tengah banyak dicari oleh para pendidik. Maka sebab itu, untuk bisa membantu anda kami berbagi secara gratis perangkat pembelajaran yang tentunya sesuai dengan kurikulum 2013 revisi terbaru sehingga bisa dijadikan sebagai referensinya. Berikut adalah file-file penting yang anda butuhkan kami sediakan lengkap untuk semester 1 dan 2 silahkan diunduh.

Cover Kelas 9 B. Indonesia TP. 2018/2019
Silabus K13 Kelas 9 B. Indonesia TP. 2018/2019
RPP K13 Kelas 9 B. Indonesia TP. 2018/2019
Prota (Program Tahunan) K13 Kelas 9 B. Indonesia TP. 2018/2019
Promes (Program Semester) K13 Kelas 9 B. Indonesia TP. 2018/2019
KKM Kelas 9 B. Indonesia TP. 2018/2019

Recommended : RPP Silabus K13 Revisi SMP/MTs Lengkap Semua Mata Pelajaran

Macam-macam Perangkat Pembelajaran Guru Bahasa Indonesia Kelas IX

Silabus merupakan sumber paling penting dalam perangkat peembelajaran. Silabus dijadikan sebagai pedoman Guru dalam menyusun sebuah RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Untuk itu Guru harus memiliki silabus ini untuk dapat merancang sebuah RPP dan pada akhirnya dapat mempengaruhi efektivitas dalam kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan di kelas.

RPP atau rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan sebuah rencana yang akan dilakukan saat melaksanakan kegiatan pembelajaran. Dimana didalam RPP ini sudah tercantum beberapa rencana kegiatan seperti materi pembelajaran, tujuan yang akan dicapai, metode yang digunakan serta sumber belajar dan teknik penilaian yang nantinya akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Kemudian perangkat pembelajaran Prota dan Promes (Program Tahunan dan Program Semester) juga termasuk perangkat yang wajib dibuat dan dimiliki oleh seorang Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia pada jenjang SMP/MTs. Dengan membuat program-program tersebut, maka guru akan mengetahui alokasi waktu yang akan digunakan serta materi pembelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik selama 1 tahun pelajaran atau pada semester 1 dan semester 2.

KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) atau KBM (Kriteria Belajar Minimal) juga tak kalah penting untuk setiap guru mata pelajaran. KKM ini berguna agar guru bisa mengetahui batas kemampuan peserta didik juga kelengkapan sarana yang menjadi acuan dalam memberikan batasan nilai sebagai penentu peserta didik dalam memperoleh pencapaian hasil pembelajaran.

Baca Juga :
Demikianlah beberapa referensi dari kami untuk Bapak Ibu Guru tentang Perangkat Pembelajaran Kelas 9 Bahasa Indonesia K13 Tahun 2018 mudah-mudahan apa yang sudah kami share pada postingan ini bisa memberikan manfaat serta kemudahan terutama bagi Bapak dan Ibu Guru dalam menuntaskan kelengkapan administrasi juga dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas. Sekian dan terimakasih. 

0 Response to "Perangkat Pembelajaran Kelas 9 Bahasa Indonesia K13 Tahun 2018"

Posting Komentar