Soal Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas X (10) Dan Kunci Jawaban

Soal Bahasa Indonesia Kelas 10 Beserta Kunci Jawaban ini merupakan contoh soal yang disediakan selain sebagai bahan latihan untuk siswa atau bahan belajar, juga sebagai referensi untuk guru gunakan dalam membuat soal. Berikut cuplikan filenya:

PILIHLAH JAWABAN YANG TEPAT! 1.

Ikan air tawar terbagi ke dalam tiga golongan, yakni ikan peliharaan, ikan buas, dan ikan liar. Ikan peliharaan terdiri atas ikan-ikan yang mudah diperbanyak. Contohnya: ikan bandeng, ikan mas, ikan gurami, dan lain-lain. Ikan buas memiliki sifat jahat terhadap ikan-ikan lain. Contohnya: ikan gabus dan ikan lele. Ikan liar, meskipun jarang dipelihara, tetapi memiliki keuntungan secara ekonomis. Contohnya: ikan paray, ikan bunter dan ikan ikan jeler.
1. Teks laporan di atas adalah bagian pernyataan umum atau ...
a. deskripsi
b. definisi
c. klasifikasi
d. sebab-akibat
e. contoh

2. Para pengamat politik mengelompokkan haluan politik di Indonesia menjadi dua, yaitu nasionalis dan religius. Kata yang maknanya tidak sama dengan mengelompokkan adalah...

a. menggolongkan
b. menjeniskan
c. memilah
d. memisahkan
e. mengklasifikasikan

3. Harga beras di pasaran naik. Sementara, harga gabah turun. naik – turun adalah kata berantonim (lawan kata) Tentukan pasangan kata di bawah ini yang berantonim!
a. khusus-umum
b. kotak-persegi
c. sopan-pemarah
d. kaya-yatim
e. bergerak-berhenti

4. Janganlah memandangku seperti engkau melihat harimau. memandang dan melihat adalah kata bersinonim. Tentukan pasangan kata di bawah ini yang tidak bersinonim!

a. definisi-arti
b. mati-meninggal
c. datang-pergi
d. fleksibel-luwes
e. sasaran-target 

Selengkapnya silahkan unduh Soal Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas X (10) Dan Kunci Jawaban melalui link dibawah ini:
Link download file :


Soal Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 10 Dan Kunci Jawaban ini dapat dijadikan juga sebagai acuan dalam menyusun naskah soal Ulangan Harian (UH), Ulangan Tengah Semester (UTS) serta UAS, 

Semoga bermanfaat!

Referensi lainnya:

1 Response to "Soal Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas X (10) Dan Kunci Jawaban"