Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 4 SD Disertai Raport Edisi Terbaru


Administrasi Kurikulum 2013 - Dalam postingan ini admin akan share sebuah software atau aplikasi yang akan berguna untuk Bapak/Ibu Guru khususnya dalam melakukan penilaian terhadap hasil belajar siswa. Dalam postingan sebelumnya admin sempat membagikan aplikasi serupa namun untuk kelas 1 SD. Jika membutuhkan anda bisa mengunduhnya disini.

Penilaian hasil belajar dilakukan oleh pendidik, satuan pendidikan, pemerintah/lembaga mandiri dalam bentuk penilaian otentik, penilaian diri, penilaian proyek, Ulangan Harian, UTS, UAS, UTK, UMTK, Ujian Sekolah dan Ujian Nasional. Pelaksanaan dan pelaporan oleh pendidik berupa:

A. Nilai/Deskripsi pencapaian kompetensi
B. Deskripsi sikap (Kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial)

Pelaksanaan dan pelaporan satuan pendidikan diawali dari menentukan kriteria minimal tingkat pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran sampai dengan terbit ijazah. Pelaksanaan dan pelaporan satuan pendidikan diawali dari menentukan kriteria minimal tingkat pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran sampai dengan terbit ijazah. Kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan merupakan ruang lingkup penilaian.

Teknik dan Instrumen Penilaian

❈. Penilaian Kompetensi Sikap
(observasi, penilaian diri, penilaian antar peserta didik dan jurnal)
❈. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
(tes lisan, tes tulis, penugasan)
❈. Penilaian Otentik
(mulai dari masukan, proses, pengeluaran pembelajaran)
❈. Penilaian diri
❈. Penilaian Berbasis Portofolio
❈. Ulangan merupakan proses
❈. Ulangan Harian
❈. UTS
❈. UAS
❈. UTK (Ulangan Tingkat Kompetensi)
❈. UMTK (Ulangan Mutu Tingkat Kompetensi)
❈. Ujian Nasional
❈. Ujian Sekolah atau Ujian Madrasah

Berikut kami bagikan link download Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 Revisi 2016 Disertai Raport Edisi Terbaru untuk Kelas 4 SD.

Lihat juga : Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Deskripsi Otomatis Versi Revisi

Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2016 SD Kelas 4

Aplikasi ini berekstensi .xlsm dimana anda bisa mengoperasikannya dengan software Microsoft Excel di komputer anda dengan praktis. Pemetaan KI (Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar) serta hasil raport revisi terbaru terbitan permendikbud no 53 tahun 2015 sudah dipaketkan didalam file yang akan anda download ini. Adapun menu yang tersaji didalam aplikasi ini, diantaranya:

  1. Data Siswa
  2. Biodata diri
  3. Absen
  4. Raport
  5. K-1 Tematik
  6. K-2 Tematik
  7. K-1 PAI-BP
  8. K-2 PAI-BP
  9. Pemetaan KD
  10. Menu Pengetahuan (K3)
  11. Menu Keterampilan (K4)
  12. Mata Pelajaran
Dengan aplikasi tersebut tentunya akan sangat membantu ketika guru melakukan penilaian, selengkapnya silahkan download filenya dibawah ini:

Link download file:


Demikian pembahasan kali ini mudah-mudahan dengan adanya artikel ini pekerjaan Bapak/Ibu guru dapat terbantu. Terimakasih telah berkunjung.

Apikasi penting lainnya:
Silahkan tinggalkan jejak anda dengan cara berkomentar pada kolom komen dibawah. Kritik dan saran pembaca sangat kami butuhkan untuk memperbaiki setiap kekurangan pada postingan yang kami sajikan, hal ini untuk kenyamanan pembaca sekaligus untuk mendorong kelangsungan serta kemajuan blog ini. Terimakasih

Sumber & Password : gurusd.net

1 Response to "Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 4 SD Disertai Raport Edisi Terbaru"